10 April 2015

MTCNA: [2] Jenis Mikrotik



Setelah mengetahui sejarah mikrotik, berikut saya sampaikan beberapa jenis produk yang dikeluarkan oleh mikrotik,

1. Mikrotik Router OS

Penjelasan paling mudah, Mikrotik Router OS adalah Sebuah Operating System berbasis linux yang dapat diinstall di sebuah PC biasa dan menjadikannya memiliki fitur-fitur router yang lengkap.


Seperti halnya system operasi linux lain, mikrotik menyediakan link download untuk file *.iso untuk diunduh kemudian dapat digunakan untuk melakukan instalasi OS ini ke sebuah PC.

Bagi yang biasa menggunakan OS Windows, Perlu diketahui ketika melakukan instalasi OS mikrotik ini ke dalam sebuah PC, tidak seperti OS windows yang dapat melakukan partisi hardisk kemudian file-file OS dipusatkan di partition tersebut sehingga ketika sampai pada tahap formatting disk, tidak mempengaruhi data di partition lain. Namun pada mikrotik, kita tidak dapat melakukan pembagian partition, seluruh memory hardisk akan diformat dan kemudian diinstall file-file OS mikrotik ke dalam hardisk tersebut.

Maka sebagai pengingat bagi rekan-rekan yang ingin mencoba menginstall Mikrotik RouterOS ke dalam PC, jangan sampai ada data penting di dalam hardisk PC tersebut. Lebih baik backup terlebih dahulu agar data tersebut tetap aman.

Selain file *.iso ini dapat digunakan untuk menginstall ke dalam sebuah PC, file image *.iso ini juga kita butuhkan untuk proses upgrading & downgrading serta netinstall terhadap suatu perangkat router mikrotik.

Penjelasan mengenai upgrade, downgrade, netinstall, akan disampaikan pada entry blog selanjutnya.

File image installer mikrotik dapat diunduh melalui link berikut <<http://www.mikrotik.com/download>>. Pilih sesuai type perangkat router.


2. Mikrotik RouterBoard

Mikrotik juga mengembangkan built in hardware (board) yang sudah menggunakan RouterOS sebagai operating systemnya.

Board ini hampir sama selayaknya sebuah PC, memiliki processor, ram, disk, dll.

Berbagai type board telah disediakan oleh Mikrotik dari berupa low-end router hingga high-end router, dari perangkat router yang sangat murah dengan spesifikasi cukup rendah hingga perangkat router yang mempunyai spesifikasi tinggi sehingga mampu memanage jaringan yang besar.

Berbagai type RouterBoard yang telah diproduksi mikrotik, dapat dilihat melalui link berikut. <<routerboard.com>>


Pembahasan materi MTCNA selanjutnya dapat dilihat pada link berikut. <<MTCNA: [3] Mengakses ke RouterOS>>.

0 komentar:

Posting Komentar