10 April 2015

Pengertian Time To Live (TTL)

Pengertian TTL (Time To Live) pada jaringan komputer akan saya jelaskan pada entry ini.
Silahkan memperhatikan penjelasan di bawah ini (saya kutip dari sebuah slide pada materi MTCRE).

=====

1. TTL (Time To Live) adalah suatu nilai pada paket data (header IP) yang menyatakan berapa lama paket tersebut bisa beredar/berjalan -jalan dalam jaringan.
2. Nilai TTL menentukan paket harus diteruskan ke router selajutnya (next hop router) atau di-discard.
3. Nilai default TTL adalah 64 maksimum 255(8bits) dan nilainya akan berkurang 1 setiap paket data melewati router (layer 3), beberapa saat sebelum forwarded decision.
4. Router tidak akan melewatkan traffik ke route selanjutknya apabila TTL yang dia terima bernilai 1
=====

Istilah TTL sering kita jumpai pada saat kita melakukan "ping" pada suatu jaringan komputer.
Nilai TTL ini menunjukkan berapa lama paket data tersebut bisa beredar dalam suatu jaringan. Ketika suatu packet data melewati router maka nilai TTL yang diterima akan berkurang 1.

Router tidak akan melewatkan traffic ke route selanjutnya apabila TTL yang diterima oleh router bernilai 1. Agar lebih jelas, silahkan melihat gambar di bawah ini.

Cara merubah nilai TTL yang melewati router mikrotik, dapat dilihat pada link berikut. <<mengubah ttl mikrotik>>. Untuk mengubah nilai default TTL windows OS, dapat dilihat juga pada link berikut. <<mengubah ttl windows>>. Untuk melihat salah satu contoh penerapan/implementasi dari pengubahan TTL dapat dilihat pada link berikut. <<internet hanya bisa digunakan di satu perangkat>>.

2 komentar: